Pages

25 March 2009

Hakikat Cara Bersyukur

Hal yang paling penting dan harus dilakukan oleh manusia ketika mereka diberi Nikmat dari Allah SWT adalah bersyukur. Dan apakah kita sebagai Pelajar atau Remaja muslim sudah ingat kepada Allah dan bersyukur kepada Nya ketika kita mendapat suatu nikmat?.?cari jawabanya di diri anda .!!

Banyak sekali nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita walaupun kita tidak memohon kepada Allah untuk diberikan nikmatNya. Tapi sadarkah kita tanpa nikmat dari Allah niscaya manusia tidak dapat hidup. Sebenarnya jikakita sadar bahwa segala sesuatu yang kita jumpai, kita alami, kita dapatkan adalah suatu nikmat dari Allah. Bahkan sebuah musibahpun bisa kita sebut sebagi nikmat, karena dengan musibah berarti kita masih diperhatikan dan di sayangi Allah jika kita beriman. Maka kewajiban kita adalah besyukur kepada Allah ketika mendapatkan nikmat, dan pada hakikatnya bahwa kapanpun,dimanapun, sedang melakukan apapun, dan dalm kondisi seperti apapun kita selalu disertai oleh Nikmat Allah SWT. Jadi bagaimanakah kita bersyukur pada Allah SWT. Karena memang kita telah diperintahkan untuk bersyukur kepada Allah SWT dalam firmanNya QS.Ibrahin : 7.

<*>dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

memang dalam ayat ini tidak ada Lafadz yang memerintahkan kepada kita untuk selalu bersyukur kepadaNya. Tetapi dengan janji dan ancaman Allah pada ayat ini jelas bahwa kita diperintahkan untuk bersyukur.
Sekarang pertanyaanya adalah,"Bagaimanakah cara kita bersyukur kepada Allah?...
Salah satunya adalah dengan mengucapkan hamdalah (Alhamdulillahirabbil'alamin). Dan ada yang salah kaprah di keadaan kita saat ini. banyak orang yang mengira bersyukur kepada Allah hanya dengan mengucapkan hamdalah saja cukup, dan setelah itu tidak ingat lagi Pada Allah. Hanya ketika mereka merasa mendapat nikmat maka langsung mengucaokan hamdalah dan cukup berhenti sampai disitu. Yang ingin saya jelaskan pada artikel ini adalah bahwa bersyikur kepada Allah tidak cukup dengan hanya Say Hamdallah, karena kita selalu disertai oleh nikmat dari Allah. Dan bagaimana cara kita bersyukur kepada Allah?. Ada dua tahapan, yang pertama ketika kita merasa mendapat nikmat dari Allah maka kita mengucapkan hamdallah "Alhamdulillahirabbil'alamin"(segala puji hanya bagi Allah tuhan semesta Alam), dan yang kedua, setelah kita mengucap hamdalah maka syukur yangsesungguhnya adalah bagaimana kita daoat memanfaatkan nikmat dari Allah dijalan yang di ridhoiNya dan bukan dijalan yang batil. Misal kita selalu disertai dengan nikmat pancaindra, salh satunya mata,maka bersyukurnya kita adalah dengan menggunakan mata yang diberikan kepada Allah kepada kita untuk melihat hal-hal yang baik dan diridhoi Allah, tidak digunakan untuk melihat yang tidak baik. Itulah bersyukur. Sama saja ketika kita mengucap hamdalah karena kita mendapatkan sejumlah uang, tapi kita belanjakan uang itu kejalan yang batil (judi, membeli yang haram dll)itu bukan syukur namanya( kufur atas nikmat Allah)


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More